Panduan Lengkap Kolesterol Tinggi : Menurunkan Kolesterol Tinggi 2017-04-27T10:07:14+00:00

Panduan Lengkap Kolesterol Tinggi

Penyebab_Inactive
Pantangan_Inactive
Gejala_Inactive
Penyebab_Inactive Pantangan_Inactive

Menurunkan Kolesterol Tinggi

Melihat berbagai risiko menyeramkan yang dapat ditimbulkan dari kolesterol tinggi, sudah saatnya Anda berusaha untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah anda. Salah satu metode yang dapat dipilih adalah dengan mengkonsumsi obat penurun kolesterol, namun terdapat solusi lain yang alami dan memiliki manfaat jangka apila anda konsisten dalam menjalaninya. Berikut ini hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan kolesterol tinggi:


Menurunkan Kolesterol : Merubah diet atau Pola Makan Anda

Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi #1 : Merubah diet atau Pola Makan Anda

Setelah mengukuti pantangan kolesterol tinggi, anda dapat mulai mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung zat yang dapat membantu anda mengurangi kadar kolesterol anda. Makanan tersebut adalah makanan-makanan yang mengandung lemak tak jenuh serta Omega 3. Lemak-lemak tersebut banyak terkandung dalam makanan berikut:

  • Alpukat,
  • Minyak zaitun,
  • almond,
  • hezelnut,
  • salmon,
  • tuna,
  • hering,
  • dan susu kedelai

Selain mengkonsumsi lemak tersebut, kamu juga dapat menambahkan makanan yang kaya akan protein dan serat. Makanan kaya serat banyak terkandung dalam oat, buah-buahan, sayuran, dan. kacang-kacangan. Berikut ini daftar lengkap makanan yang baik bagi kolesterol kamu.


Cara Menurunkan Kolesterol #2 : Perbanyak Olahraga dan Aktivitas Fisik

Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi #2 : Perbanyak Olahraga dan Aktivitas Fisik

Olahraga atau aktivitas fisik mampu membantu Anda menurunkan kadar kolesterol dengan cara meningkatkan HDL dalam tubuh Anda. Biasakan olahraga kurang-lebih 30 menit setiap harinya, olah raga tersebut dapat berupa olah raga ringan hingga sedang dan berat tergantung dari kondisi tubuh kamu. Mohon konsultasi kepada dokter Anda terlebih dahulu sebelum mencoba olahraga berat.

Selain itu, menambah aktivitas fisik ringan setiap harinya di sela-sela pekerjaan Anda seperti jalan ringan jam istirahat, membiasakan menggunakan tangga, serta naik sepeda ke kantor juga dapat membantu menurunkan kolesterol.


Cara Menurunkan Kolesterol #3 : Berhenti Merokok

Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi #3 : Berhenti Merokok

Apabila anda merokok, segeralah berhenti sekarang juga. Berhenti merokok dapat membantu meningkatkan kadar HDL dalam darah Anda. Namun keuntungannya tidak berhenti sampai situ saja. Setelah 20 menit berhenti merokok, tekanan darah dan detak jantung Anda akan berkurang. Dalam satu tahun, risiko anda terkena serangan jantung berkurang hingga setengahnya. Dan dalam 15 tahun, risiko anda terkena serangan jantung akan sama dengan orang yang tidak pernah merokok sama sekali.


Cara Menurunkan Kolesterol #3 : Menurunkan berat badan

Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi #4 : Turunkan Berat Badan Anda

Kelebihan berat badan anda dapat berkontribusi pada tingginya kadar kolesterol Anda. Hanya dengan menurunkan 10 persen berat badan Anda sudah mampu berkontribusi cukup baik bagi kadar kolesterol tubuh Anda. Mulai dengan mengevaluasi diet dan gaya hidup anda dan mulai perbanyak olahraga. Apabila anda sudah mencoba diet dan selalu gagal, coba baca artikel kami tentang 6 hal yang membuat diet anda gagal.


Cara Menurunkan Kolesterol #5 : Hindari Mengkonsumsi Alkohol

Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi #5 : Hindari Mengkonsumsi Alkohol

Mengkonsumsi minuman beralkohol, teritama anggur merah, dapat meningkatkan kadar HDL dalam tubuh. Namun manfaat tersebut tidak cukup besar untuk merekomendasikan konsumsi alkohol bagi yang tidak pernah mengkonsumsi alkohol. Kurangi konsumsi alkohol atau bahkan hentikan kebiasaan ini. Tubuh Anda akan lebih sehat dan kadar kolesterol Anda akan membaik.


Cara Menurunkan Kolesterol #6 : Mengkonsumsi Obat Penurun Kolesterol

Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi #6 : Mengkonsumsi Obat Penurun Kolesterol

Kadang merubah diet dan gaya hidup tidaklah cukup untuk menurunkan kolesterol tinggi. Hubungi dokter Anda untuk mendapatkan pengobatan yang akan membantu Anda menurunkan kolesterol. Konsumsi obat-obatan tersebut sesuai resep dokter, jangan mengkonsumsinya diluar resep dan dosis yang diberikan. Namun jangan tinggalkan diet dan gaya hidup sehat Anda, dengan hal tersebut Anda dapat mengurangi konsumsi obat-obatan dan hidup anda akan lebih sehat untuk jangka yang lebih panjang.

btn_nav-trans

Comments

wonderful comments!

Artikel Terbaru

Paket Eksekutif Muda Sayang Ginjal

August 2nd, 2019|0 Comments

Paket Eksekutif Muda Tulang Kuat

August 2nd, 2019|0 Comments

Paket Eksekutif Muda Cegah Stroke

August 2nd, 2019|0 Comments

Paket Eksekutif Muda Bebas Hepatitis

August 2nd, 2019|0 Comments