Panduan Lengkap Kolesterol : Gejala Kolesterol Tinggi 2017-04-27T10:03:11+00:00

Panduan Lengkap Kolesterol Tinggi

Penyebab_Inactive
Pantangan_Inactive Menurunka_Inactive
Penyebab_Inactive Pantangan_Inactive
Menurunka_Inactive

Gejala Kolesterol Tinggi

Pada umumnya kolesterol tinggi tidak menimbulkan gejala apapun. Pada mayoritas kasus, gejala kolesterol tinggi baru muncul disaat keadan yang darurat seperti serangan jantung ataupun stroke. Kejadian ini pada umumnya apabila kolesterol tinggi sudah terjadi cukup lama yang menyebabkan terbentuknya plak pada pembuluh darah. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya untuk mendeteksi gejala kolesterol tinggi lebih dini guna menghindari akibat yang dapat ditimbulkan.

 

Gejala Kolesterol Tinggi

Mendeteksi Kolesterol Tinggi

Satu-satunya cara untuk mengetahui gejala kolesterol tinggi pada tubuh sejak dini adalah dengan cara melakukan tes darah. Hasil tes darah tersebut yang dapat memberi gambaran kadar kolesterol dalam darah anda. Seperti yang kita ketahui, kolesterol dalam tubuh dibagi menjadi dua, yaitu LDL (kolesterol jahat) dan HDL (kolesterol baik).

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, HDL dalam jumlah yang tinggi dapat menurunkan risiko serangan jantung & stroke. Kolesterol HDL di dalam darah dapat membantu pengangkutan LDL sehingga LDL dapat dikeluarkan dari tubuh. Dan sebaliknya, LDL yang terakumulasi didalam darah dapat menyebabkan terbentuknya plak di dalam pembuluh darah arteri anda yang akan mengeras dan menyebabkan anda berisiko terhadap serangan jantung dan stroke.

Ayo Cek Kolesterol Banner 300x250

Selain itu adapula zat yang dikenal dengan nama trigliserida yang tersimpan dalam sel lemak bersama dengan karbohidrat dan protein dan sangat penting bagi tubuh sebagai energi. Tapi kadar trigliserida yang tinggi akan meningkatkan risiko Anda terserang penyakit seperti angina, serangan jantung, dan stroke. Setelah mengetahui ketiga nilai tersebut, maka dapat diketahui nilai kolesterol total. Nilai total keseluruhan kolesterol anda terdiri dari LDL dan HDL ditambah 20% dari jumlah trigliserida. Berikut ini nilai kolesterol total yang perlu anda perhatikan:

Profil Lipid Diinginkan Diwaspadai Berbahaya
Kolesterol Total (mg/dL) < 200 200-239 > 240
Trigliserida (mg/dL) < 200 200-399 > 400
HDL (mg/dL) > 45 36-44 < 35
LDL (mg/dL) < 130 130-159 > 160

 

Tes Lab yang dapat dilakukan untuk mendeteksi kolesterol tinggi

Tes Darah yang Dapat Dilakukan

Sangatlah penting bagi kita untuk mengetahui jumlah kolesterol, dan cara untuk mengetahuinya adalah dengan melakukan tes darah sederhana yang dikenal dengan lipid profile atau profil lemak. Dianjurkan pemeriksaan rutin minimal setiap 6 bulan sekali dimulai saat anda menginjak usia 20 tahun.

Sebelum melakukan tes profil lemak, sangat dianjurkan untuk berpuasa atau tidak mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung lemak dan gula terlebih dahulu selama 9 hingga 12 jam dan juga menghindari aktifitas fisik yang menguras tenaga.

btn_nav-10 button

Comments

wonderful comments!

Artikel Terbaru
  • vitamin c

Buah-buahan dengan Kandungan Vitamin C Tinggi

October 18th, 2017|0 Comments

  • kesehatan mata

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mata

October 16th, 2017|0 Comments

  • makanan dan minuman yang dapat merusak gigi

Makanan dan Minuman yang Dapat Merusak Gigi

October 11th, 2017|0 Comments

  • manfaat minum air hangat

Manfaat Minum Air Hangat

October 3rd, 2017|0 Comments