Panduan Lengkap Kolesterol Tinggi

Penyebab_Inactive
Pantangan_Inactive Menurunka_Inactive
Pengertian_Active Gejala_Inactive
Penyebab_Inactive Pantangan_Inactive
Menurunka_Inactive

Pengertian Kolesterol Tinggi

Pengertian Kolesterol

pengertian kolesterol tinggi

Berdasarkan data dari World Health Organization (WHO), diperkirakan satu dari tiga penduduk Indonesia menderita kolesterol tinggi. Angka tersebut tentu saja sangat mengkhawatirkan mengingat akan bahaya yang dapat ditimbulkan oleh kolesterol tinggi dan masih rendahnya pemahaman masyarakat akan kolesterol tinggi itu sendiri. Untuk dapat memahami kolesterol tinggi lebih dalam, alangkah baiknya apabila kita memahami tentang kolesterol terlebih dahulu. Kolesterol adalah zat lemat yang sangat berguna bagi tubuh, tubuh Anda membutuhkan kolesterol untuk membuat hormon, vitamin D, dan zat-zat yang dibutuhkan untuk mencerna makanan. Sebenarnya, tubuh Anda secara alami memproduksi semua kebutuhan kolesterol dalam tubuh, yaitu HDL dan LDL, namun kolesterol juga dapat Anda temukan di dalam makanan yang Anda makan, yang disebut dengan trigliserida.

Kolesterol beredar dalam saluran darah Anda yang melalui struktur biokimia yang berisi protein dan lemak, diasa disebut dengan lipoporotein. Terdapat dua jenis lipoprotein yang membawa kolesterol dalam pembuluh darah Anda, yaitu low-density lipoproteins (LDL) dan high-density lipoproteins (HDL). Proporsi yang tepat untuk keduanya sangatlah penting bagi kesehatan Anda.

LDL seringkali disebut sebagai kolesterol jahat, dimana apabila kadar LDL lebih dari yang dibutuhkan tubuh, maka kolesterol ini akan mengendap di dinding pembuluh arteri kamu dan dapat menimbulkan berbagai penyakit. Sebaliknya, HDL berfungsi untuk mengangkut kolesterol kembali ke liver dimana kemudian kolesterol akan dihancurkan atau dikeluarkan dari tubuh melalui kotoran. Oleh karena itu HDL kerap disebut sebagai kolesterol baik. Singkatnya, LDL merupakan kolesterol jahat yang dapat membuat pembuluh darah menjadi kaku dan kurang elastis akibat penumpukan emak di dinding pembuluh darah, sedangkan HDL merupakan kolesterol baik yang dapat mengangkut kolesterol jahat dari pembuluh darah.

Apa itu Kolesterol Tinggi?

Kolesterol Tinggi adalah kondisi dimana Anda memiliki terlalu banyak kolesterol dalam darah. Pada umumnya, tubuh tidak menunjukkan gejala tertentu. Oleh karena itu banyak orang tidak menyadari bahwa kadar kolesterol mereka sudah terlalu tinggi.

Orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi jauh lebih rentan terjangkit berbagai penyakit seperti penyempitan arteri (aterosklerosis), penggumpalan darah, stroke, dan serangan jantung. Jumlah kolesterol total yang normal adalah dibawah 200 mg/dL , penjelasan lebih mendetail terkait angka normal kolesterol akan dibahas di bagian diagnosa. Namun secara umum, semakin tinggi kadar LDL dalam tubuh maka semakin tinggi kemungkinan Anda terkena penyakit jantung. Dan sebaliknya, semakin tinggi kadar HDL dalam darah, semakin rendah kemungkinan Anda terkena penyakit jantung.

Bagaimana kolesterol dapat menyebabkan berbagai penyakit?

Peran HDL dan LDL dalam tubuh

Penyakit jantung koroner merupakan penyakit yang timbul diakibatkan oleh terbentuknya plak di dinding pembuluh darah arteri. Plak tersebut terbentuk dari kolesterol/lemak, kalsium serta zat lainnya yang  dapat menyumbat aliran darah. Kondisi tersumbatnya pembuluh darah akibat dari terbentuknya plak ini disebut dengan Aterosklerosis.

Semakin lama, plak yang terbentuk akan menumpuk dan membatasi beredarnya darah yang mengandung oksigen ke jantung kita. Pada akhirnya dinding pembuluh darah tersebut akan mengeras dan mengalami keretakan yang mengakibatkan penggumpalan dalam pembuluh darah, dan apabila penggumpalannya terlalu besar maka bisa saja aliran darah pada pembuluh darah koroner tersebut benar-benar tersumbat.

Tersumbatnya pembuluh darah ini menyebabkan banyak penyakit karena bagian-bagian seperti jantung dan otak sangatlah membutuhkan pasokan darah yang mengandung oksigen. Kurangnya pasokan oksigen pada jantung dapat menyebabkan angina atau serangan jantung yang ditandai oleh rasa sakit di bagian jantung seperti tertekan. Untuk kasus angina, rasa sakit ini dapat dirasakan juga pada bagian tubuh lain seperti tangan, lengan, leher, rahang, dan punggung. Serangan jantung terjadi apabila pasokan oksigen dalam darah pada otot jantung berkurang dan menyebabkan otot tersebut mati. Hal ini dapat menyebabkan kematian pada penderitanya apabila tidak ditangani secara serius.

Ayo Cek Kolesterol Banner 300x250

Apa yang dapat kita lakukan?

Apabila kita secara rutin memperhatikan kadar kolesterol dalam darah apakah masih dalam batasan normal, maka kita dapat dapat memperlambat, mengurangi, dan bahkan mencegah terjadinya berbagai berbagai penyakit yang dapat disebabkan oleh kolesterol tinggi. Jagalah kadar kolesterol dibawah batas normal, namun bukan berarti kita harus sama sekali menghindari kolesterol, karena kolesterol seperti HDL justru dapat membantu kita untuk lebih sehat apabila berada pada batasan normal. Jaga kadar kolesterol baik HDL, LDL, maupun trigliserida tetap seimbang dengan cara cara merubah gaya hidup maupun pola diet kita.

btn_nav-trans

Comments

wonderful comments!

Artikel Terbaru

WASPADA PENYAKIT TBC

March 24th, 2017|0 Comments

Sudah Sehatkah Air Putih Anda ?

March 22nd, 2017|0 Comments

  • Melakukan Medical Check Up

Cara Mudah Melakukan Medical Check Up

March 16th, 2017|0 Comments