10 Tes Darah Yang Dapat Menjawab Kondisi Kesehatan Tubuh Kita

Tes Darah

Apa saja sih pemeriksaan tes darah yang penting untuk mengetahui kondisi kesehatan tubuh kita ? 


Fungsi cek darah atau pemeriksaan laboratorium dapat menceritakan banyak hal tentang kesehatan tubuh kita. Bahkan, hampir dua-pertiga kondisi kesehatan tubuh kita bisa dilihat dari data hasil tes darah yang akurat ini. Data ini tentu saja tidak hanya penting untuk mengobati penyakit, tetapi juga berguna bagi kita dalam memonitoring kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Meskipun terdapat banyak jenis tes darah yang dapat dilakukan, kita dapat melakukan beberapa tes saja yang biasa kita kenal dengan istilah screening test ( Anda dapat melihat paket promo screening tes disini) untuk mengetahui kondisi kesehatan tubuh kita secara keseluruhan. Dengan kata lain Anda hanya perlu melakukan screening test ini, lalu konsultasi dengan dokter Anda, kemudian dapat dilanjutkan dengan tes darah yang lebih spesifik apabila dibutuhkan. Jadi, jenis tes darah apa sajakah yang sebaiknya dilakukan untuk memonitoring kesehatan kita? Berikut ini kami kumpulkan beberapa tes darah yang esensial untuk membantu Anda dalam melakukan Medical Check Up:

1. Pemeriksaan Lemak (Lipid) atau Kolesterol

Tes darah ini berfungsi mengukur kadar lemak dalam tubuh kita. Mengukur kadar lipid dalam darah akan memberitahu kita kadar kolesterol dan trigliserida yang keduanya berdampak pada kesehatan jantung kita. Sebelum melakukan tes ini, kita perlu untuk puasa terlebih dahulu sekitar 10 hingga 12 jam. Berikut ini cara membaca nilai normal atau hasil dari tes Panel Lemak / Kolesterol:

  • Kolesterol total : Resiko rendah: <200 mg/dL, Batas tinggi: 200-239 mg/dL dan Tinggi:> 240 mg/dL
  • Hasil LDL kolesterol (Lemak Jahat): Resiko rendah: <100 mg/dL, Batas tinggi: 130-159 mg/dL, Tinggi: 160-189 mg/dL dan Sangat tinggi:> 190 mg/dL
  • Kolesterol HDL (lemak baik): kurang: <40 mg/dL (pria), <50 mg/dL (wanita), cukup: 50-59 mg/dL, Terbaik: 60 mg/dL dan di atas
  • Hasil trigliserida: Diinginkan: <100 mg/dL, batas tinggi: 150-199 mg/dL, Tinggi: 200-499 mg/dL dan Sangat tinggi: > 500 mg/dL

kolesterol

Info selengkapnya tentang kolesterol silakan klik disini.

2. Pemeriksaan TORCH

Pemeriksaan TORCH adalah pemeriksaan screening berupa tes darah guna mendeteksi sekelompok infeksi pada tubuh anda. TORCH merupakan singkatan dari Toxoplasma, Rubella, Cytomegalovirus, dan Herpes Simplex.

Keempat jenis penyakit infeksi ini, sama-sama berbahaya bagi janin bila infeksi diderita oleh ibu hamil. Kini, diagnosis untuk penyakit infeksi telah berkembang antar lain ke arah pemeriksaan secara imunologis. Prinsip dari pemeriksaan ini adalah deteksi adanya zat anti (antibodi) yang spesifik taerhadap kuman penyebab infeksi tersebut sebagai respon tubuh terhadap adanya benda asing (kuman). Antibodi yang terburuk dapat berupa Imunoglobulin M (IgM) dan Imunoglobulin G (IgG).

Nilai Normal : Negative

Toxo

Info selengkapnya tentang pemeriksaan TORCH, silakan klik disini.

3. Pemeriksaan Screening Tumor Pria

Tumor adalah pertumbuhan sel-sel tubuh yang abnormal. Sel merupakan unit terkecil yang menyusun jaringan tubuh manusia. Masing-masing sel mengandung gen yang berfungsi untuk menentukan pertumbuhan, perkembangan, atau perbaikan yang terjadi dalam tubuh.

Tumor dapat menyebabkan berbagai gejala. Beberapa gejala dan tanda klinis umumnya bisa berupa:

  • Sering merasa tidak sehat.
  • Merasa sangat lelah.
  • Demam dan menggigil.
  • Tidak nafsu makan.
  • Penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas.
  • Berkeringat pada malam hari.

Jenis tes untuk screening tumor pria adalah : AFP (Alfa Feto Protein), CEA (Carcino Embryonic Antigen) dan PSA (Prostate Specific Antigen).

Nilai normal untuk:

  • AFP : < 20 ng/ml
  • CEA : < 5 ng / ml
  • PSA : 1 – 4 ng /ml

tumor

Info selengkapnya tentang pemeriksaan Tumor Pria, silakan klik disini.

4. Pemeriksaan Fungsi Ginjal

Ginjal adalah organ ekskresi yang memiliki bentuk mirip kacang, dimana sebagai bagian dari sistem urin, ginjal memiliki fungsi sebagai penyaring kotoran (terutama urea) dari darah dan membuangnya bersama dengan air dalam bentuk urin. Tujuan dan kegunaan pemeriksaan fungsi ginjal adalah untuk mengetahui ada tidaknya gangguan pada fungsi ginjal seseorang, atau yang biasa disebut dengan istilah gagal ginjal.

Mengapa penting? Gangguan fungsi ginjal dapat terjadi tanpa gejala, subklinis, dan baru dapat diketahui secara nyata setelah memberat. Salah satu tujuan uji fungsi ginjal adalah untuk mendeteksi dini adanya gangguan fungsi ginjal sewaktu masih awal. Tujuan lain untuk menentukan berapa berat gangguan tersebut.

Nilai Normal :

  • Ureum : 7 – 20 mg / dL
  • Kreatinin : 0,8 – 1,4 mg / dL
  • Asam Urat : 2 – 7,5 mg / dL

300x250_periksa-kesehatan-ginjal

Info selengkapnya tentang pemeriksaan fungsi ginjal, silakan klik disini.

5. Pemeriksaan Screening Hepatitis B

Hepatitis adalah sakit peradangan pada lever (hati). Peradangan terjadi karena beberapa sebab seperti toksin (racun), bahan kimia, obat ataupun agen penyebab infeksi.

Penyakit hepatitis ini dapat fatal akibatnya apabila tidak ditanggulangi secara lanjut dikarenakan penyakit ini adalah cikal bakal dari munculnya kanker hati, penyakit ini merusak fungsi hati yang berfungsi sebagai penetral racun. Yang paling mengerikan adalah karena penyakit ini akan menyerang siapapun tanpa pandang usia.

Nilai Normal :

  • HBsAg : Negative (Non Reaktif)
  • Anti HBs : < 20 mIU / ml

Info selengkapnya tentang pemeriksaan Hepatitis B, silakan klik disini.

6. Pemeriksaan Fungsi Hati

Hati (liver) merupakan kelenjar terbesar di dalam tubuh memiliki fungsi sebagai alat ekskresi karena hati membantu fungsi ginjal dengan cara memecah beberapa senyawa yang bersifat racun dan menghasilkan amonia, urea, dan asam urat dengan memanfaatkan nitrogen dari asam amino. Tes fungsi hati(panel hati) adalah seperangkat tes darah yang mengukur kadar enzim hati, protein, dan zat lainnya. Tes fungsi hati digunakan untuk membantu mendiagnosis ada tidaknya penyakit hati atau penyakit liver, menilai tingkat kerusakan hati dan menentukan seberapa baik pengobatan bekerja.

Jenis tes dalam pemeriksaan fungsi hati adalah : SGOT, SGPT, Gamma GT dan Alkali Fosfatase.

Nilai Normal :

  • SGOT : 5 – 40 u / L
  • SGPT : 5 – 41 u / L
  • Gamma GT : 6 – 28 mu / ml
  • Alkali Fosfatase : 45 – 190 iu / L

Info selengkapnya tentang pemeriksaan Fungsi Hati, silakan klik disini.

7. Pemeriksaan Gula Darah (Diabetes)

Diabetes yang juga dikenal di Indonesia dengan istilah penyakit kencing manis atau penyakit gula. Tubuh pasien yang menderita diabetes mellitus tidak dapat memproduksi atau tidak dapat merespon hormon insulin yang dihasilkan oleh organ pankreas, sehingga kadar gula darah meningkat dan menyebabkan komplikasi jangka pendek maupun jangka panjang. Diabetes merupakan salah satu  penyebab kematian tertinggi di dunia, bahkan di Indonesia.

Gejala :

  • Frekuensi Buang Air Meningkat
  • Terus Menerus Merasakan Haus (Khususnya Malam Hari)
  • Hilangnya Berat Badan Tanpa Alasan
  • Bagian Intim Sering Gatal
  • Memiliki Luka Yang Sembuh Dalam Waktu Lama
  • Pandangan Mata Yang Mulai Kabur
  • Selalu Merasa Lelah, Kantuk dan Lamban

Jenis tes untuk pemeriksaan ini adalah : Glukosa Puasa, HbA1c dan Urine Rutin.

Nilai normal :

  • Glukosa Puasa : < 100 mg/dL
  • HbA1c normal antara 4% sampai 5,6%. Kadar HbA1c antara 5,7% sampai 6,4% mengindikasikan peningkatan risiko diabetes, dan kadar 6,5% atau lebih tinggi mengindikasikan diabetes.
  • Urine Rutin : Glukosa Negative

diabetes

Info selengkapnya tentang pemeriksaan gula darah, silakan klik disini.

8. Pemeriksaan Kanker Serviks

Kanker Serviks adalah salah satu kanker mematikan pada wanita selain dari kanker payudara, yang muncul pada leher rahim (serviks). Kanker ini banyak menyerang  wanita yang dalam konteks sudah aktif berhubungan seksual dengan rentang usia antara 30-45 tahun. Sedangkan untuk wanita yang berusia 20-25 tahun masih kecil kemungkinan terkena penyakit kanker serviks (kecuali yang aktif secara seksual).

Penyebab dari kanker serviks adalah dari virus bernama Human Papillomavirus (HPV). Dapat mudah menyerang bagi mereka yang rutin melakukan hubungan seksual dan terlebih untuk mereka yang sering berganti pasangan.

Gejala : Bau pada daerah intim, siklus menstruasi tidak teratur dan sakit saat berhubungan intim

Nilai Normal :

  • Papsmear : Normal
  • SCC  (Squamous Cell Carcinoma) : 0 – 2 ng / ml

Info selengkapnya tentang pemeriksaan Kanker Serviks, silakan klik disini.

9. Pemeriksaan Premarital Wanita.

Premarital checkup merupakan sekumpulan pemeriksaan laboratorium untuk memastikan status kesehatan kedua calon mempelai, terutama mendeteksi adanya penyakit menular, menahun atau diturunkan yang dapat mempengaruhi kesuburan pasangan maupun kesehatan janin.

Mengapa penting?

  1. Tes pranikah wajib hukumnya untuk mengetahui riwayat kesehatan kita dan pasangan, jangan sampai kita menyesal kelak di kemudian hari, terlebih-lebih jika keturunan kita juga memiliki riwayat kesehatan yang buruk.
  2. Mencegah calon bayi terhindar dari penyakit seperti diabetes melitusthalassemia, dan penyakit turunan lainnya.
  3. Membuat kedua calon mempelai lebih siap, lebih yakin dan lebih terbuka satu sama lain tentang riwayat kesehatan masing-masing. Dalam pernikahan yang diutamakan adalah kejujuran begitu juga dengan masalah kesehatan.

Info selengkapnya tentang pemeriksaan Premarital Wanita, silakan klik disini. 

10. Pemeriksaan Penyakit Menular Seksual

Penyakit menular seksual (PMS), atau dikenal juga dengan istilah Penyakit Kelamin, adalah penyakit yang umumnya ditularkan melalui hubungan seks yang tidak aman. Panel skrining penyakit menular seksual memiliki fungsi untuk mendeteksi kemungkinan adanya infeksi oleh penyakit Herpes, Klamidia, Gonore, Hepatitis atau Sifilis sehingga dapat dengan segera menentukan terapi yang lebih tepat.

Mengapa penting? Mereka yang aktif secara seksual dengan beberapa pasangan bukanlah satu-satunya yang perlu mengikuti pemeriksaan PMS. Bila Anda telah terpapar oleh kondisi-kondisi berikut, Anda juga harus mempertimbangkan untuk menjalani pemeriksaan apabila:
  • Anda dipaksa untuk berhubungan seksual
  • Anda adalah seorang pria yang berhubungan dengan pria lain
  • Anda memiliki pasangan baru
  • Anda menggunakan obat-obatan intravena
  • Anda beresiko terkena PMS dan sedang atau akan hamil

Penyakit menular seksual

Info selengkapnya tentang pemeriksaan Penyakit Menular Seksual, silakan klik disini. 

Biaya Tes Darah

Sedangkan untuk mengetahui biaya pemeriksaan masing-masing, Anda dapat langsung mengetahuinya dengan menggunakan layanan dari Pesanlab. Anda tinggal memilih jenis pemeriksaan yang anda inginkan, lalu pilih dan bandingkan harga pemeriksaan tersebut di banyak laboratorium terpercaya seperti Prodia, Kimia Farma, Gunung Sahari, Biotest, Pathlab, Parahita, Liderlab, CAYA dan Primadia. Anda juga dapat melihat-lihat paket cek laboratorium lengkap dengan harga promo.

Apabila Anda tidak ingin pergi ke lab, ada dapat menggunakan layanan pengambilan sampel pemeriksaan (home service) di Rumah, Kantor atau dimanapun Anda berada. Selain itu hasil lab akan dikirimkan secara online melalui via e-mail. Masih bingung juga ? Hubungi layanan chat kami atau telp CS di 021 – 22958527.

Demikianlah serangkaian tes darah yang bisa dijadikan indikator dalam mememonitor kesehatan tubuh kita secara umum. Tanpa kesehatan yang baik, semua yang kita punya akan sia-sia. Tanpa kesehatan yang prima, kita tidak akan pernah bisa mencapai serangkaian tindakan kreatif nan tangkas. Kesehatan buruk pula lah, yang akan membuat kita terus terpuruk dalam luka dan kesunyian. Kita sendiri sesungguhnya yang menciptakan pihannya – not somebody else.

Peduli Kesehatan Jantung Dari Sekarang

Informasi lebih lengkap, silakan klik Paket Promo Pemeriksaan Lab.

Comments

comments

By | 2017-06-16T09:02:55+00:00 February 1st, 2016|Fakta Kesehatan, Gejala Penyakit, Keluarga Sehat|42 Comments

About the Author:

PesanLab adalah platform online untuk tes darah dan medical checkup. Harga Hemat, Bisa Home Service Dan Hasil Lab Online

42 Comments

  1. […] Anda dan keluarga pasangan jika Anda ingin/sudah menikah. Selain itu, Anda juga dapat mengambil tes darah dan cek kesehatan untuk mendeteksi penyakit ini dengan […]

  2. […] bakat obesitas. Obesitas tentunya dapat mempengaruhi tingkat kesuburan calon pengantin, sedangkan pemeriksaan darah/hematologi rutin yang meliputi kadar hemoglobin (hb), hematokrit, sel darah putih (leukosit) dan […]

  3. shisil sri wulandari 17/10/2016 at 10:50 am - Reply

    Ass..
    Kak saya mau tanya saya sdh mengalami alergi sdh hampir 2 bulan
    Saya sdh tnya dokter katanya cmn alergi mie dan telur
    Tpi stiap mau mkan apa pun sperti lauk tahu tempe saya jga gatal.dan jika terkena hujan bdan.wajah telinga dan kepala saya gatal semua kak.
    Saya harus melakukan apa kak
    Mohon jawban nya
    Terimakasih

    • mirianoors 19/10/2016 at 5:30 pm - Reply

      Hallo mbak shisil, terimakasih telah bergabung dengan pesanlab

      menjawab pertanyaan mbak, saran dari pesanlab untuk coba melakukan tes skrinning alergi (jenis pemeriksaan bisa melihat memelalui website kami)
      jenis tersebut adalah : 1. skrinning aler (pemeriksaan IgE total & Hematologi lengkap / darah lengkap)
      2. Prick test
      3. Patch test

      pemeriksaan pada nomer 1 hanya untuk menjelaskan, bahwa untuk membuktikan terinfeksi jenis alergi
      pemeriksaan pada nomer 2 & 3 menjelaskan jenis alergi yang diderita/ mengetahui secara spesifik jenis alergi yang diderita. dengan cara menempelkan jenis alergen

      kami sarankan untuk berkonsultasi segera kepada dokter kulit pilihan anda,
      kami sertakan link terkait penyebab alergi
      1. https://www.pesanlab.com/blog/gejala-alergi/
      2. https://www.pesanlab.com/blog/ciri-dan-penyebab-alergi-serta-tes-alergi-yang-dapat-dilakukan/

      Silahkan hubungi kami kembali, kami akan membantu dalam melakukan pemesanan tes penunjang selanjutnya.
      Sehat terus bersama Pesanlab

  4. stella sangian 19/10/2016 at 7:36 pm - Reply

    Malam dok, mau konsul…Kenapa udah beberapa hari ini saya sering pusing, mual, susah BAB, detak jantung kadang cepat, punggung atas suka nyeri dan kram, perut trasa kembung, keringat dingin d ujung kaki dan tangan, jd gak ada nafsu makan…Anehnya lg ditensi darah saya malah normal…Itu kenapa ya dok…Mohon infonya, mksh

    • miria 04/11/2016 at 12:21 pm - Reply

      selamat siang, terimakasih telah bergabung dengan pesanlab.
      menjawab pertanyaan mbak stella, Faktor gaya hidup dapat sangat mempengaruhi gejala yang ditimbulkan. seperti jenis & pola makanan & minuman yang dikonsumsi, pola tidur, faktor stress, olahraga.
      Mengkonsumsi vitamin secara teratur.

      kami menyarankan mengkonsultasikan langsung kepada dokter umum pilihan anda. agar dapat mendiagnosis melalui anamnesis, pemeriksaan fisik, laboratorium. selanjutnya dapat menghubungi Pesanlab kembali, kami akan membantu memesankan pemeriksaan laboratorium.
      Sehat terus bersama Pesanlab.

  5. Zizi 02/11/2016 at 10:01 am - Reply

    Selamat pagi , saya mau nanya Saya sering demam .dan demam itu berlangsung cuma 2hari . Tp disertai pilek . Kadang demamnya 1 hari hanya sakit kpala terus badan tidak enak . Saya seringngerasai badan yg bawak.annya tidak enak . Seperti lemas

    • miria 04/11/2016 at 12:49 pm - Reply

      selamat siang mbak zizi, terimakasih telah bergabung dengan pesnalab.

      pesanlab menanyakan, apakah sebelumnya pernah berkonsultasi dengan dokter secara langsung? apabila belum kami anjurkan berkonsultasi secara langsung. agar dapat mengetahui tentang penyebab keluhan yang diderita. atau apabila ingin memudahkan kami menganjurkan untuk medical check up dasar, untuk membantu mendiagnosis keluhan yang diderita.

      silahkan berkonsultasi kepada dokter umum pilihan anda terlebih dahulu, lalu kami menyarakan untuk memeriksaan medical check up dasar seperti ; darah rutin, kolesterol, as urat, serta glukosa (merupakan salah satu contoh pemeriksaan dasar). silahkan menghubungi Pesankab kembaki, untuk membantu pemeriksaan yang diinginkan. Sehat terus bersama Pesanlab.

  6. […] Periksa tekanan darah secara rutin […]

  7. widya pratiwi 08/11/2016 at 10:08 am - Reply

    mba saya ada sodara suka gatel2 bintik2 merah kaya cacar setiap kedinginan giman pengobatan setiap kedokter di bilang bakteri

    • miria 28/11/2016 at 12:23 pm - Reply

      hallo mbak widya , mohon maaf pesanlab baru membalas.

      saya sarankan untuk melakukan pemeriksaan tes alergi. biasanya ada jenis pemeriksaan. patch test / prick test. serta pemeriksaan kadar igE dalam darah

      dan kami sarankan untuk melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis penyakit dalam bagian imunologi / spesialis kulit

      Penyebab Alergi pada Kulit dapat disebabkan
      – Gigitan serangga, misalnya sengatan lebah.
      – Makanan tertentu, misalnya kerang, kacang-kacangan, kepiting, udang serta susu.
      – Sumber udara, misalnya bulu hewan, tungau debu atau serbuk sari, semprotan serangga
      – Obat-obatan, misalnya antibiotik / obat krim yang dioleskan dikulit
      – Alergen yang bersentuhan dengan kulit secara langsung, misalnya bahan kimia pada parfum, sabun, sampo, bahan pewarna rambut, deodoran. Ataupun bahan kiia pembersih : pembersih lantai, sabun cuci, disinfektan dan sejenisnya

      Hindari menggaruk ruam gatal secara terus menerus karena bisa berujung pada infeksi kulit dan menghambat proses penyembuhan.
      silhakan memilih “PANEL SKRINNING ALERGI” pada pesanlab untuk membantu diagnosis. dan dapatkan harga khusus masukan kode voucher “HEMAT”

      sehat terus bersama pesanlab

    • Gustin 01/01/2017 at 11:36 pm - Reply

      Assalamualaikum.. Dok
      Anak saya perempuan 3 tahun, sering batuk, belum nyampe seminggu obatnya sudah habiss kambuh lagi,,terpaksa saya kasih lagi dengan obat yang sama sampai 8 kali berturut2. Saya kasih susu kental dari 200ml jadi 100ml.
      Tanpa saya sadari anak saya mengalami ;
      1.pup sering keras, bulat kecil seperti batu
      2 setelah saya kasih pepaya mendingan, tapi beberapa hari kemudian tekstur pup kasar, masih utuh ( jagung, kangkung, ikan teri, kacang tanah)
      Yang ingin saya tanyakan,, tes apa yang harus dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kondisi pencernaan anak saya?
      Terima kasih

  8. David k 08/11/2016 at 7:00 pm - Reply

    Dok saya mau tanya, kalau pengguna narkoba sejenis ganja atau sabu2 akan kebaca zat adiktif itu di darah kalau coba tes laboratorium? kalau pengguna alkohol iya gimana dengan itu dok?
    dan jika iya, berapa lama zat adiktif itu akan hilang
    terimakasih.

    • miria 28/11/2016 at 3:16 pm - Reply

      hallo mas david,

      Pengguna zat adiktif dan psikotropika akan dapat diketahui melalui tes urin serta darah. serta mengkonsumsi alkohol dapat terdeteksi melalui darah & urin.

      suatu zat akan menetap dalam darah dan urin dalam waktu yang berbeda. tidak dapat ditentukan waktu secara pastinya.
      hindari penggunaan alkohol, dan zat adiktif lainnya karena akan menyebabkan ketergantungan.

      sehat terus bersama pesanlab

  9. naufal 08/11/2016 at 7:27 pm - Reply

    ass, dok saya mau tanya, kalau pengguna narkoba sejenis ganja dan sabu2 apa kebaca zat adiktif itu kalau mencoba tes laboratorium? jika alkohol bisa diketahui bagaimana dengan itu?
    dan jika iya, berapa lama zat adiktif itu akan hilang
    terimakasih.

    • miria 28/11/2016 at 3:20 pm - Reply

      hai mas naufal
      sama dengan jawaban kami kepada mas david

      Pengguna zat adiktif dan psikotropika akan dapat diketahui melalui tes urin serta darah. serta mengkonsumsi alkohol dapat terdeteksi melalui darah & urin.

      suatu zat akan menetap dalam darah dan urin dalam waktu yang berbeda. tidak dapat ditentukan waktu secara pastinya.
      hindari penggunaan alkohol, dan zat adiktif lainnya karena akan menyebabkan ketergantungan.

      sehat terus bersama pesanlab

  10. Anggun resta 09/11/2016 at 11:44 am - Reply

    Siang dok..
    Mau tanya di bawah rahang saya sebelah kiri ada benjolan msh sebesar kacang tanah, dan sakit bila disentuh, sakit untuk menelan, awal awal pipi saya sampai bengkak juga menimbulkan sakit sampai ke area telinga, juga demam. Sudah berobat ke puskesmas katanya itu kelenjar lalu dapet rujukan ke rs untuk ditindak lanjut. Tp di rs tidak ada penanganan lebih hanya dikasih obat obatan tanpa dilihat bahkan di Raba oleh si dokter tdk sm skali. Jadi jika saya ingin mengetahui apakah kelenjar ini berbahaya atau tidak medikal check up yg seperti apa yg harus saya jalanin? Hanya urine atau darah kah? Atau harus rontgen? Mohon dijawab dok. Terima kasih

    • miria 28/11/2016 at 3:32 pm - Reply

      hallo mbak anggun, mohon maaf keterlambatan membalas.

      apakah gejala yang diderita telah membaik?

      kami sarankan kembali untuk dilakukan pemeriksaan fisik melalui dokter secara langsung. biasanya akan diberikan obat – obatan pengurang nyeri, penurun demam, ataupun antibiotik.

      kami menyarankan kepada dokter spesialis penyakit dalam.

      semoga lekas sembuh. sehat terus bersama pesanlab.

  11. Iyunk 13/11/2016 at 4:11 pm - Reply

    selamat siang..

    saya butuh sekali info untuk sakit yang saya derita.

    sudah dua minggu ini badan saya sebelah di bagian kiri depan dan punggung dari atas sampai bawah cenutan terus n dibagian bawah rusuk (perut bawah, pinggang) seperti ada letupan angin (kaya lagi lapar, keroncongan)..
    awalnya sakit karena saya mandi air dingin + keramas sekitar jam 2pm lalu sorenya kepala mulai berat n mual seperti (masuk angin) klo kebanyakan org bilang,
    setelah minum obat sakit kepala peningnya hilang tp mual n cenutannya ga mau hilang..
    sampai semua obat pencegah mual dan masuk angin sudah saya komsumsi, malah sudah dipijit dan hanya sembuh sehari saja.

    ini bukan yg pertama kalinya sakit yg saya rasakan karena dulu hampir berbulan-bulan merasakan sakit seperti ini dan sudah pernah medical cek up hasilnya sehat, pernah juga satu minggu panas dan meriang dengan terpaksa dikerikin seminggu 3x dan sembuh (saya ga mo kerikan)..

    NB: saya mohon info pemeriksaan apa atau cek darah apa yg harus saya lakukan..?

    Terima Kasih..:)

    • miria 28/11/2016 at 5:54 pm - Reply

      halo iyank terimakasih telah bergabung dengan pesanlab

      membaca keluhan yang diderita, menjaga pola makan yang baik. dengan mengutamakan 3 porsi besar, 2 snack akan membantu mengurangi rasa sakit yang diderita.

      hindari konsumsi makanan / minuman yang kandungan asam tinggi ( seperti minuman soft drink, makanan / minuman terlalu asam)

      bantulah pencernaan dengan konsumsi yoghurt, agar menjaga kuman baik dalam percernaan kita (terdapat kandungan lactobasilus)

      apabial cara tersebut telah dilakukan, masih terasa tidak nyaman. konsultasikan kepada dokter penyakit dalam pilihan anda.

      sehat terus bersama pesanlab

  12. naning safitri 16/11/2016 at 6:20 am - Reply

    askum dok mau tanya kan saya flu tpi klau.kena udara dingin sya flu tpi gak terus menerus itu bhya apa ndak dok buat kesehatan trus klau periksa ke dokter kita periksa apa apa kita periksa melalu pemeriksaan lab ..trus klau mau peiksa kita bilang gmna sama dokternya

    • miria 28/11/2016 at 6:40 pm - Reply

      halo mbak naning, terimakasih telah bergabung dengan pesanlab

      flu / influenza dapat disebabkan oleh virus.

      tetapi gejala bersin – bersin, keluarnya cairan bening melalui hidung dapat disebakan memiliki riwayat orang tua yang memiliki gejala serupa ataupun alergi terhadap suatu alergen tertentu.

      segera periksakan diri anda kedokter untuk mengetahui penyebab pastinya. dokter umum pilihan anda dapat menjadi pilihan saat ini.

      apabila untuk mengetahui alergi tertentu, dapat melakukan pemeriksaan skrinning alergi & pemeriksaan darah terlebih dahulu

      lakukan pemeriksaan pada pesanlab.com
      sehat terus bersama pesnalab.

  13. Ranti ratnawati 21/11/2016 at 12:52 pm - Reply

    Siang dok sya mau tanya, saya sering sekali sakit kepala dan itu berlangsung sudah cukup lama, sekitar satu tahun terakhir..
    Rambut juga rontok, penglihatan dan daya ingat sya juga berkurang..
    Selain itu sya juga jadi gampang sakit dok..
    Sya sering baca artikel tentang kesehatan, sya ingin sekali tau penyakit apa saja yang ada dlam tubuh sya, hanya saja sya tidak berani untuk konsultasi ataupun tes..
    Klo sya ingin tau hasil keseluruhan kesehatan sya, sya harus gmna ya dok..?? Harus melakukan tes apa ya..??

  14. Nimas Ayu Agustina 30/11/2016 at 11:29 am - Reply

    Siang dok
    Saya mau tanya, saya sering sekali sakit kepala dan itu berlangsung ketika saya banyak pikiran.
    Dan rambut juga sering rontok ,dan daya ingat saya juga berkurang..
    Selain itu badan saya juga sering lemas.
    Kira” ini sakit apa ya dok menurut kesehatan dan jika saya tes.
    harus melakukan tes apa ?

  15. putry 04/12/2016 at 7:54 pm - Reply

    Halo dok, saya mau tanya.
    Kenapa ya saya kalo kena angin kipas/ac tangan dan kaki saya sering berkeringat dingin,padahal suhu tubuh saya normal/terkadang panas. Saya tidak kuat dengan udara dingin,jika terkena AC langsung/dingin yang menusuk,telapak tangan+kuku saya langsung pucat,dan urat2 menjadi ngilu. Apakah itu tanda2 penyakit paru2? Saya bingung,bagaimna cara mengecek suatu penyakit itu..
    Terimakasih..

  16. sisin 09/12/2016 at 12:15 am - Reply

    malam dok… saya mau nanya, saya udah dua tahun mengidap vertigo sampe saat ini telinga saya masih berdenging dan pendengaran sebelah kiri saya udah nggak berfungsi lagi.. saya mesti gmna dok? tindakan apa yg mesti saya lakukan? apakah vertigo saya nggak bakal sembuh sseumur hidup?

  17. DeviS 20/12/2016 at 7:08 am - Reply

    Dok.. mau tanya..
    udah dari sejak SMK saya kalo kena air dingin, mandi pun dengan air dingin, dda saya terasa sakit dan nyeri seperti di ulu dada.. itu kenapa ya dok? Apa perlu tes darah? Mohon solusinya?

  18. DeviS 20/12/2016 at 7:11 am - Reply

    Dok.. selamat pagi.. saya mau tanya..
    sekarang umur saya 21, udah dari sejak SMP saya kalo kena air dingin, mandi pun dengan air dingin, dda saya terasa sakit dan nyeri seperti di ulu dada.. itu kenapa ya dok? Apa perlu tes darah? Mohon solusinya?

  19. Devi.sintiya 20/12/2016 at 7:13 am - Reply

    Dok.. selamat pagi.. saya mau tanya..
    sekarang umur saya 21, udah dari sejak SMP saya kalo kena air dingin, mandi pun dengan air dingin, dda saya terasa sakit dan nyeri seperti di ulu dada.. itu kenapa ya dok? Apa perlu tes darah? Mohon solusinya?

  20. ling_ling 21/12/2016 at 10:04 pm - Reply

    Malamdokter, saya perempuan umur 29thn ,sdh 3thn saya kram seluruh badan scr berganti. Dan saya ampun bgt klo kram d kepala,leher , dan punggung.krn bs kehilangan konsentrasi.kadang saya jd sering cemas, n klo makan nasi 3x sehari nmn jam 11 n jam 3 dan jam 5 sy sllu makan kue 2buah .spy jgn lar klo saya lapar dikit z langsung deh kepala saya kram perut keram.klo saya tahankan lama pasti keramnya jd seminggu pul.saya sering hilang konsentrasi, jdnya sy agk terganggu kerja. Klo sy makan obat ne*robi*n b19 saya agk nyaman namun seminggu kemudian saya jd gk bs tidur.klo saya kurang tidur saya , asli hancur bgt konsentrasi saya.mohon bantuannya kemana saya hrs konsul.n klo cek lab apa yg hrs di cek.mohon petunjuk.dah 3thn saya begini , namun tdk sembuh juga.sdh banyak dokter yg saya datangi tp belom juga. Tks

  21. dedy rahmat 28/12/2016 at 10:43 pm - Reply

    Maaf mau tanya kalo melakukan tes darah terus pasangan saya sedang mengandung apakah dokter bisa tau kalo pasangan saya sedang mengandung? Terima kasih

  22. Gustin 01/01/2017 at 11:30 pm - Reply

    Assalamualaikum.. Dok
    Anak saya perempuan 3 tahun, sering batuk, belum nyampe seminggu obatnya sudah habiss kambuh lagi,,terpaksa saya kasih lagi dengan obat yang sama sampai 8 kali berturut2. Saya kasih susu kental dari 200ml jadi 100ml.
    Tanpa saya sadari anak saya mengalami ;
    1.pup sering keras, bulat kecil seperti batu
    2 setelah saya kasih pepaya mendingan, tapi beberapa hari kemudian tekstur pupuk kasar, masih utuh ( jagung, kangkung, ikan teri, kacang tanah, tempe)
    Saya sudah ceritakan sama dokter minta di periksa apakah fungsi ginjal dan hati anak saya tidak mengalami masalahh?
    Tapi malah dokter bilang gak usah terlalu jauh mikirnya
    Yang ingin saya tanyakan,, tes apa yang harus dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kondisi pencernaan anak saya?
    Terima kasih

  23. Gustin 01/01/2017 at 11:31 pm - Reply

    Assalamualaikum.. Dok
    Anak saya perempuan 3 tahun, sering batuk, belum nyampe seminggu obatnya sudah habiss kambuh lagi,,terpaksa saya kasih lagi dengan obat yang sama sampai 8 kali berturut2. Saya kasih susu kental dari 200ml jadi 100ml.
    Tanpa saya sadari anak saya mengalami ;
    1.pup sering keras, bulat kecil seperti batu
    2 setelah saya kasih pepaya mendingan, tapi beberapa hari kemudian tekstur pup kasar, masih utuh ( jagung, kangkung, ikan teri, kacang tanah, tempe)
    Saya sudah ceritakan sama dokter minta di periksa apakah fungsi ginjal dan hati anak saya tidak mengalami masalahh?
    Tapi malah dokter bilang gak usah terlalu jauh mikirnya
    Yang ingin saya tanyakan,, tes apa yang harus dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kondisi pencernaan anak saya?
    Terima kasih

  24. Gustin 01/01/2017 at 11:32 pm - Reply

    Assalamualaikum.. Dok
    Anak saya perempuan 3 tahun, sering batuk, belum nyampe seminggu obatnya sudah habiss kambuh lagi,,terpaksa saya kasih lagi dengan obat yang sama sampai 8 kali berturut2. Saya kasih susu kental dari 200ml jadi 100ml.
    Tanpa saya sadari anak saya mengalami ;
    1.pup sering keras, bulat kecil seperti batu
    2 setelah saya kasih pepaya mendingan, tapi beberapa hari kemudian tekstur pup kasar, masih utuh ( jagung, kangkung, ikan teri, kacang tanah, tempe)
    Saya sudah ceritakan sama dokter minta di periksa apakah fungsi ginjal dan hati anak saya tidak mengalami masalahh?
    Yang ingin saya tanyakan,, tes apa yang harus dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kondisi pencernaan anak saya?
    Terima kasih

  25. Gustin 01/01/2017 at 11:33 pm - Reply

    Assalamualaikum.. Dok
    Anak saya perempuan 3 tahun, sering batuk, belum nyampe seminggu obatnya sudah habiss kambuh lagi,,terpaksa saya kasih lagi dengan obat yang sama sampai 8 kali berturut2. Saya kasih susu kental dari 200ml jadi 100ml.
    Tanpa saya sadari anak saya mengalami ;
    1.pup sering keras, bulat kecil seperti batu
    2 setelah saya kasih pepaya mendingan, tapi beberapa hari kemudian tekstur pup kasar, masih utuh ( jagung, kangkung, ikan teri, kacang tanah, tempe)
    Yang ingin saya tanyakan,, tes apa yang harus dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kondisi pencernaan anak saya?
    Terima kasih

  26. indah 03/01/2017 at 1:51 pm - Reply

    Dok saya mau tanya,saya sering sakit kepala tiba2,dan setiap sakit sy minum paramex ,hbs tu sembuh tp selalu kambuh dan hmpir setiap hari,dan sudah lama sudah sy priksakan k dokter umum smp dokter spesialis penyakit dalam tp jwban dokter beda2,ada yg bilang mag akut,ada yg bilang krn gigi sy yg blubang ada yg bilang radang empedu n sudah minum obat yg d berikan smua dokter tp tetep sj hmpir tiap hr kpla sy pusing, apakah gejala skit kepala bs d ketahui dgn test darah??

  27. Devi 04/01/2017 at 1:57 pm - Reply

    Saya mau tanya mbak, saya sering sekali mengalami sakit di leher bagian belakang banyak yg blg saya pakai helm trlalu berat atau pakai tas terlalu berat atau bekerja di dpn layar komputer terus, apakah itu benar ya? Terus untuk mengetahui tes apa yang diperlukan untuk saya

  28. Nadia 13/01/2017 at 10:14 pm - Reply

    Dok saya mau nanya..temen saya terbiasa donor darah d PMI tp kapan hari tdk bisa dkarenakan darahny ad bakterinya…itu bagaimana y dok…

  29. afkaro 05/02/2017 at 7:26 pm - Reply

    Permisi mau nanya’..
    Kalau pengguna nikotin atau orang perokok aktif dapat diketahui melalui tes darah dok? Dan apakah yang perokok pasif juga bisa diketahui?
    Trimakasih

  30. ummy.r 12/02/2017 at 5:21 pm - Reply

    Sore dok,,, sy mau tanya apakah setres bisa memicu datangnya berbagai penyakit,, 6bln terakhir sy bangun rumah,dan disitu sy merasa kepikiran terus,smp2 badan sy kurang fit,tes darah acak tdk puasa,bln kmrn hasilnya gula darah 320an,kolesterol 201,asam urat 64an,tekanan darah 130, padahal biasanya sy gk pernah tinggi gula darah dan tekanan darahnya,dan juga gk ada keturunan juga,malah biasanya kurang darah n gula darah rendah,mohon masukannya dok ,apa yg harus sy perbuat,usia sy 26thn ank 1,apakah bisa normal kembali,terimakasih atas jawabannya

  31. Ana 22/02/2017 at 6:24 am - Reply

    Pagi dok, mau tanya ibu saya sering merasakan dadanya sesak dan terasa sempit untuk bernafas.

    Pernah bbrpa kali merasakan sakit perut yg hebat sekali, Selain itu dengkul terasa sakit dan tulang betis terasa ngilu. Tes darah apa yg hrs dilakukan dok ?

    Sdh sering berobat, tp cm ditanya” trs dksh obat tdk ad tindak lanjut..saya bingung krn skrg lbh sering skit.

  32. Ana 22/02/2017 at 6:25 am - Reply

    Pagi dok, mau tanya ibu saya sering merasakan dadanya sesak dan terasa sempit untuk bernafas.

    Pernah bbrpa kali merasakan sakit perut yg hebat sekali, Selain itu dengkul terasa sakit dan tulaFun Race Track Day bersama komunitas Honda Palembang menjadi salah satu agenda hari ini. Tidak lupa juga tim Safety Riding Astra Motor Sumsel sebarkan edukasi ke Brosis komunitas.
    #hondasumselng betis terasa ngilu. Tes darah apa yg hrs dilakukan dok ?

    Sdh sering berobat, tp cm ditanya” trs dksh obat tdk ad tindak lanjut..saya bingung krn skrg lbh sering skit.

Leave A Comment